Pages - Menu

Senin, 02 Juni 2014

Ikkudo Ichi

Hai eaters,

Sudah lumayan lama saya ingin mencoba makan disini. Cukup sering saya mengintip postingan-postingan di social media tentang kesan-kesan orang yang sudah mencoba ramen disini. Akhirnya di hari minggu kemarin saya diundang untuk mencicipi juga ramen di Ikkudo Ichi.




Outlet Ikkudo Ichi yang saya kunjungi kali ini adalah yang berlokasi di Grand Indonesia karena ini adalah yang terdekat dengan rumah. Outletnya ada di lantai LG West Mall berdekatan dengan Carls Jr dan Pizza Hut. Tidak begitu besar, dan ramai sekali. Saya harus menunggu untuk dapat tempat duduk. Sebenarnya ini mengurangi kenyamanan karena jadinya tidak bisa berlama-lama di resto ini, padahal dekorasi interiornya bagus sekali.




Pelayanan disini baik sekali. Pelayannya sangat informatif dan pemahaman tentang menu juga bagus. Jadi kita bisa bertanya tentang menu-menu yang ada disini kalau kita bingung. Makanan pun tersaji tidak lama. 
The menu book
The menu book
Ikkudo Ichi mempunyai sederet menu ramen yang sudah cukup terkenal. Tapi selain itu Ikkudo juga menyediakan pilihan menu lain, seperti Don, Yakiniku, lalu juga ada Wagyu Steak. Karena Ikkudo memasang tagline "Japanese Ramen Specialist" maka menu ramen mereka yang akan jadi tujuan utama saya.
Yaki Buta Gyoza Ebi Iri
 Yaki Buta Gyoza Ebi Iri
Pertama saya pesan appetizer, dan appetizer pilihan saya adalah Yaki Buta Gyoza Ebi Iri - Rp. 36.000. Ini adalah gyoza isi daging pork (buta) dan udang (ebi) yang di-deep fried sehingga ada sedikit tekstur crunchy di kulit dumplingnya. Gigitan pertama benar-benar terasa kombinasi yang pas antara buta dengan ebinya. It's so wonderful and tasty. Disajikan juga dengan saus yang sedikit pedas. Very delicious appetizer. 
Buta Signature Ramen
 Buta Signature Ramen
Ramen pertama yang saya coba adalah Buta Signature Ramen - Rp. 55.000. Ini adalah menu non-halal, dan merupakan signature dish dari Ikkudo Ichi. I have to say that this is the best ramen I've tasted so far. Super delicious. Kaldu dari buta ini begitu gurih dan aromanya benar-benar enak. Disajikan dengan potongan chasiu, rumput laut dan telur. Semua komponen dari makanan diolah dengan baik. Daging porknya begitu juicy dan empuk, really delicious. Jadi bisa dikatakan sebagai signature dish, ramen ini juara.
Buta Curry Ramen
 Buta Curry Ramen
Next up is the Buta Curry Ramen - Rp. 58.000. Di menu ini pilihan noodle saya adalah curly noodle. Basically, isinya sama dengan Buta Signature, hanya beda di kuah. Yang digunakan adalah kuah homemade-curry Ikkudo yang punya rasa yang lebih strong, manis dan gurih, juga sedikit salty. Kuahnya lebih tebal dan aromanya kuat sekali. Very delicious!

FYI, di Ikkudo ini kita bisa mencustom ramen pesanan kita juga lho, mulai dari pilihan Noodle Firmness (Soft - Normal - Hard), Flavour Strength (Weak - Normal - Strong), dan Richness (Light - Normal - Heavy). Juga ada pilihan jenis noodle, antara Small Noodle (straight) dan Curly Noodle.
Jadi buat eaters yang suka ramennya tidak terlalu strong dalam kaldu maka bisa direquest. How cool is that?!
Tonkotsu Tsukemen
 Tonkotsu Tsukemen
Saya juga berkesempatan mencoba Tonkotsu Tsukemen - Rp. 58.000. Ini adalah ramen yang dimakan dengan cara dicelup. Noodlenya lebih tebal, hampir mirip seperti udon, dengan tingkat kekenyalan yang serupa. Cara makannya adalah dengan dicelup ke kuah kaldu yang disajikan terpisah (maaf lupa difoto). Kuah kaldunya ada 2 mangkuk, yang satu rasanya gurih, dan satunya lagi cenderung tawar. Noodlenya sendiri saat disajikan dalam keadaan dingin. Disamping itu ada pula daging chasiu, telur, daun bawang dan rumput laut disajikan dalam piring terpisah. Rasanya enak, karena cara makannya yang unik. Kaldunya juga gurih sekali. Jangan lupa coba deh menu ini, enak sekali.
Chahan Chicken
 Chahan Chicken
Yang terakhir adalah menu halal, Chahan Chicken - Rp. 43.000. Chahan ini adalah nama lain untuk Japanese Fried Rice. Kalau eaters penggemar kuliner Jepang tentu tahu kalau nasi di Jepang umumnya lebih pulen dan cenderung melekat antar butir nasi. Mungkin untuk semangkuk nasi putih biasa yang dimakan dengan lauk terpisah akan terasa enak. Tapi semisal dijadikan nasi goreng, saya lebih prefer yang tidak terlalu sticky. Dan untungnya Ikkudo tidak menggunakan beras Jepang untuk menu Chahan ini. Penggunaan kecap pun tidak terlalu banyak jadi nasi goreng ini tidak terlalu manis, tapi lebih gurih dengan aroma nasi goreng Jepang yang khas. Super tasty.
Cold Ocha
 Cold Ocha
Hot Ocha
 Hot Ocha
Untuk minuman tentu teh ocha khas Jepang paling cocok. Saya mencoba yang Hot Ocha dan Cold Ocha - each Rp. 9.800. Buat saya yang Hot Ocha lebih enak karena aroma dan rasa tehnya lebih strong. Dan disini ocha bisa direfill terus lho, jadi cukup menyenangkan deh.

Overall conclusion, a very happy and satisfying meal. Ikkudo Ichi will definitely go into my list of favourite dining spots. Ambience yang bagus, free Wifi, dan paling utama adalah makanan yang super enak. Bisa dikatakan tidak ada yang mengecewakan, jadi bisa dipahami mengapa orang rela antri bahkan menunggu hanya untuk makan disini.
Hanya saja outlet di Grand Indonesia ini agak terlalu kecil sehingga kurang mampu menampung jumlah customer yang mengantri.
Soal harga, masih terjangkau kok. Setidaknya rasa dari makanan amat sangat worth it dengan apa yang kita bayar. Pelayanan patut diacungi jempol juga.
This restaurant has got everything to make me wanna come back again and again and again for sure. Can't wait for a next visit here!

Keep on chewing!


Jazzy Dee

Instagram: @jzzydee
Twitter: @jzzydee
Questions: http://ask.fm/jzzydee


Ikkudo Ichi

Grand Indonesia Shopping Town West Mall LG#27
Jalan M.H. Thamrin No.1
Phone: (021) 23580336
Jakarta Pusat 10310

4 komentar: