Pages - Menu

Rabu, 11 Juni 2014

Bakso Gepeng Indra Jaya

Hai Eaters,

Well, belakangan ini banyak pembaca blog yang nge-challenge saya (yes, that's right..you can challenge me) buat menulis soal makanan yang very familiar, yaitu bakso.
Saya penggemar makanan olahan daging sapi berbentuk bulat ini. I mean, siapa dalam hidupnya yang gak pernah sekalipun makan bakso? Mudah banget ditemui dimana-mana, kadang bahkan kita tidak perlu keluar rumah dan tinggal tunggu abang bakso gerobakan lewat. It's just that easy to find, right? Apalagi bakso ini seperti makanan cross-over juga. Bisa dimix dengan banyak jenis makanan lainnya.

Kebetulan kemarin ini saya lagi di daerah Kelapa Gading, dan disini ada satu resto bakso favorit saya, yaitu Bakso Gepeng Indra Jaya.




Letaknya ada di Jalan Boulevard Kelapa Gading, tinggal lurus sedikit melewati Ikkudo Ichi dan Carnivor. Ada di sebuah ruko yang tidak terlalu besar.
Waktu saya datang kemarin ini kebetulan kuah baksonya sudah mau habis, jadi saya dapat porsi terakhir. How lucky is that? Itu baru saja menginjak pukul 8 malam padahal, dan di hari biasa/kerja pula. Customer yang datang setelah saya pun kelihatan kecewa karena kuah baksonya sudah habis. 


Seperti saya singgung tadi, tempatnya memang tidak terlalu besar, karena itu diakali dengan penggunaan cermin pada dinding sehingga membuat ilusi optik yang mengesankan tempatnya lebih luas. Interior resto sendiri bagus, dengan penggunaan dinding batu bata berwarna coklat kemerahan. Untuk seating ada meja dan kursi kayu, lalu ada juga yang sofa. Overall tempatnya nyaman dan menyenangkan. Pelayanannya pun cukup baik.
The Menu Book
The Menu Book
Bakso Gepeng Indra Jaya ini asal mulanya adalah dari Semarang, dan kini ekspansi ke Jakarta. Outlet awal yang di Semarang dibuka pada tahun 1958, dan masih terus buka sampai kini. Bisa dibayangkan resep bakso ini turun temurun dan punya penggemar setia juga. Apalagi Bakso Gepeng Indra Jaya ini termasuk dalam 5 resto bakso terfavorit di Jakarta (diantara ratusan atau mungkin ribuan resto bakso yang ada di Jakarta).

Oke, cukup segitu ya membahas soal sejarah restonya. Yuk langsung ke makanan!
Bakso Gepeng
 Bakso Gepeng
Pesanan saya sudah pasti signature dish resto ini. Apa lagi kalau bukan Bakso Gepeng - Rp. 23.000. Harganya cukup terjangkau ya.
FYI, semua harga bakso di menu hanya untuk baksonya saja. Kalau ingin menambah Mie/ Bihun cukup tambah Rp. 2.000.
Ada 5 buah bakso gepeng berukuran besar disajikan dalam mangkuk, dengan kuah kaldu yang benar-benar wangi. Aromanya menggiurkan banget, 
eaters. Mie yang digunakan jenisnya mie yang tipis dan sedikit lebar. Baksonya itu enak banget. Dagingnya empuk. Ada tetelan juga dalam bakso ini, tapi sudah diolah jadi lebih halus. Tapi yang juara adalah kuah baksonya. Kuat rasa kaldunya, tidak terlalu asin juga. Juara!
Bakso Campur
 Bakso Campur
Di Bakso Gepeng Indra Jaya ini selain menjual bakso gepeng, ada banyak juga varian bakso unik yang bisa dicoba. Seperti bakso goreng, bakso siomay, bakso bakwan, bakso usus, bakso urat dsb. Tapi kalau mau coba semua tapi takut gak bisa menghabiskan maka kita bisa pesan Bakso Campur - Rp. 33.000. Dalam seporsi bakso campur ini ada bakso gepeng, bakso goreng, bakso siomay, bakso tahu bak, dan bakso urat. Lalu ada juga pangsit gorengnya. Kuah kaldu yang digunakan sama seperti seporsi bakso gepeng yang saya pesan sebelumnya. Favorit saya adalah bakso gorengnya. Enak banget. Gurih dan asinnya pas. Bakso uratnya seperti bakso gepengnya juga, dagingnya empuk. Tahu pada bakso tahu baknya juga punya tekstur bagus, tidak terlalu lembek sehingga tidak mudah hancur juga. Siomaynya cukup enak, bentuknya besar dan daging udangnya tasty sekali.
Es Teh Manis
 Es Teh Manis
Untuk minuman saya pesan Es Teh Manis - Rp. 4.000. Saya memang dari dulu sukanya minum es teh manis kalau habis makan bakso. Rasa manis dari gula bisa membantu menetralisir rasa kaldu dari bakso. Es teh manis pesanan saya ini menggunakan gula cair. Manisnya pas, dan tehnya cukup wangi juga.

Overall conclusion, ini adalah tempat yang cocok untuk kalian pecinta bakso. It has got the flavor and the ambience is good. Harga sangat terjangkau dengan porsi yang sebanding dengan apa yang kita bayar. Menu yang ditawarkan memang hampir semua adalah menu bakso. Tapi dengan banyaknya varian jenis olahan bakso sepertinya akan selalu ada kunjungan berikutnya dan berikutnya. Yang jelas, dengan kuah kaldu seenak dan sewangi itu, siapapun sulit melupakan Bakso Gepeng Indra Jaya.

Keep on chewing!


Jazzy Dee

Instagram: @jzzydee
Twitter: @jzzydee
Questions/Inquiries: http://ask.fm/jzzydee


Bakso Gepeng Indra Jaya

Jalan Boulevard Timur Raya Blok K4 No. 6
Phone: (021) 45865977
Kelapa Gading, Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar