Pages - Menu

Jumat, 06 Juni 2014

Mbok'ku Kitchen

Hi eaters,

Berawal dari obrolan melalui chatting dengan seorang teman blogger yang sedang ada di Surabaya. Kami waktu itu seperti biasa ngobrol soal kuliner-kuliner yang belakangan kami coba. Obrolan kemudian mengarah ke soal kuliner Surabaya yang belakangan dia sering nikmati dan betapa sulitnya mungkin mencari rasa lezat khas tersebut di resto-resto yang menyajikan kuliner Surabaya yang ada di Jakarta.

Saya lalu teringat ada satu restoran yang sering saya lewati dan menyajikan kuliner khas Surabaya. Berbekal itulah saya lalu mengunjungi Mbok'ku Kitchen.




Resto ini berlokasi jalan Boulevard Kelapa Gading, bersebelahan dengan resto Bakmi Bintang Gading. Dulunya lebih dikenal dengan nama Dapur Mbok'ku. Kini restonya dikemas lebih modern dengan penggantian nama menggunakan bahasa Inggris, namun masih dengan ciri khas kuliner Surabaya yang authentic.


Bagian dalam restoran tidak terlalu besar, namun dengan penggunaan cermin di tembok menghasilkan ilusi optik sehingga restoran terlihat lebih besar. Penggunaan warna putih dan krem lembut membuat suasana restoran terlihat bersih dan lembut. Pelayanannya pun baik dan sangat ramah. Begitu masuk saya langsung disambut dengan baik. Seating areanya ada yang sofa dan ada yang bangku kayu. Overall untuk suasana saya sangat suka.

Membuka buku menu saya cukup tertarik dengan berbagai jenis makanan khas Surabaya yang ditawarkan resto ini. Cukup tertolong juga karena ada foto dari tiap makanan dan penjelasannya. Tapi kalau masih bingung pun pelayannya cukup informatif dan membantu menjelaskan.
Song Mie Ayam Komplit
 Song Mie Ayam Komplit
Song Mie Ayam Komplit
 Song Mie Ayam Komplit
Yang saya coba pertama adalah menu Song Mie Ayam Komplit - Rp. 26.000. Song Mie ini adalah sejenis mie ayam juga. Mie yang digunakan pun mie keriting yang sama seperti mie ayam umumnya. Namun yang membedakan adalah cara Song Mie ini dikemas. Diberi garnish daun selada, dan disajikan side garnish acar mentimun. Acarnya sendiri disini sepertinya cenderung hambar. Di gigitan pertama saya tidak menemukan jejak acidic yang biasa ada di acar. Jadi saya tidak menghabiskan acar ini. Not my favourite. Untuk mienya sendiri cukup baik, kenyal dan porsinya pun lumayan banyak. Daging ayam yang ada di mienya ini beda, karena bentuknya lebih halus, seperti ditumbuk atau diblender, namun masih terasa tekstur serat dari si daging ayam tersebut. Saya pun dapat 2 buah pangsit goreng dan 2 buah pangsit rebus terpisah dalam mangkuk. Kuah pangsitnya saya suka, gurih tapi tidak terlalu asin. Pas sekali, dan cocok juga dicampur dengan Song Mienya.
Nasi Urap Ayam
 Nasi Urap Ayam
Nasi Urap Ayam
 Nasi Urap Ayam
Tak berhenti disitu, saya lalu mencoba Nasi Urap Ayam - Rp. 27.500. Urap seperti kita tahu sudah sangat kental dengan budaya Jawa, dan biasa disajikan sebagai pelengkap nasi tumpeng atau nasi kuning. Di Mbok'ku Kitchen ini sepiring nasi urap ayam saya selain disajikan dengan urap dan ayam goreng ternyata ada juga ikan teri asin kering, oreg tempe, dan peyek kacang tanah. Untuk ayam bisa dipilih mau yang potongan paha atau dada. Menurut saya ini porsi yang lengkap, dapat sayur dan daging. Urapnya cukup tasty, bumbu kelapanya gurih dan enak juga sayurannya segar. Kacang panjangnya pun crunchy. Enak. Ayam gorengnya juga sangat enak. Ikan asinnya, well jujur mungkin kurang cocok dikatakan ikan asin karena rasanya lebih mengarah ke gurih daripada ke asin, but cukup enak juga. Sambalnya buat saya juara. Ada sedikit asam dan sedikit asin. Enak sekali.
Es Tape Bule
 Es Tape Bule
Disini pun menjual berbagai jenis hidangan es khas Indonesia. Yang saya coba adalah Es Tape Bule - Rp. 18.000. Hidangan es ini menggunakan dawet putih ketimbang hijau seperti umumnya. Mungkin eaters lebih mengenal dawet dengan nama cendol. Selain itu ada juga tape singkong. Namun yang saya coba kemarin ini tapenya masih agak keras, jadi lebih seperti mengunyah singkong yang belum jadi tape. Bahan-bahan itu lalu dicampur dengan es serut dan diberi santan lalu gula merah. Cukup menyegarkan dan rasa manisnya itu enak, hanya saja yang mengecewakan adalah tapenya yang setengah jadi.
Es Jeragan
 Es Jeragan
Berikutnya yang saya coba adalah Es Jeragan - Rp. 18.000. Isinya adalah kelapa muda dan selasih dicampur dengan sari jeruk manis. Sangat menyegarkan. Rasa jeruk manisnya enak dan potongan daging kelapa mudanya cukup banyak. Loving it.
Es Lemon Tea
 Es Lemon Tea
Minumannya saya pesan Es Lemon Tea - Rp. 8.000. Rasanya manis, sedikit asam, dan menyegarkan. Tapi mungkin karena terlalu lama saya diamkan, dan esnya juga cukup banyak jadi waktu terakhir saya minum lagi manisnya sudah hilang. Buat saya tidak terlalu masalah karena sebelumnya saya sudah menikmati Es Jeragan.

Overall conclusion, buat pecinta kuliner Jawa Timur (khususnya Surabaya) sudah sangat pas bila kalian coba mengunjungi Mbok'ku Kitchen ini. Rasanya tidak mengecewakan dan pelayannya top. Harga pun sangat bersahabat dengan dompet nih. Bagi saya sendiri pasti akan ada kunjungan berikutnya. Saya cukup penasaran ingin mencoba Cwie Mie mereka, dan sudah pasti menu-menu lainnya yang sangat menggiurkan. Join me next time?

Keep on chewing!


Jazzy Dee

Instagram: @jzzydee
Twitter: @jzzydee
Questions: http://ask.fm/jzzydee


Mbok'ku Kitchen

Jalan Boulevard Raya Utara Blok QA5/23
Phone: (021) 4514055
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

Tidak ada komentar:

Posting Komentar